Embriologi Telinga

25 03 2009

Telinga terdiri atas tiga bagian yang berbeda asal-usulnya, tetapi berfungsi sebagai satu kesatuan. Telinga dalam berasal dari gelembung telinga, yang dalam perkembangan minggu ke-4 melepaskan diri dari ectoderm permukaan.

image0011

Gelembung telinga ini terbagi menjadi satu unsure ventral yang membentuk sacculus dan ductus cochlearis, dan satu unsure dorsal yang membentuk utriculus, canalis semicircularis, dan ductus endolymphaticus. Struktur epitel yang terbentuk secara demikian dikenal sebagai labirin membranosa. Kecuali ductus cochlearis yang akan membentuk organ corti, semua struktur yang berasal dari labirin membranosa termasuk dalam alat keseimbangan.

Telinga tengah terdiri atas cavum tymoani dan tuba auditiva, dilapisi epitel yang berasal dari endoderm dan berasal dari kantong faring pertama. Tuba auditiva memhubungkan cavum tympani dan nasofaring. Tulang-tulang pendengaran, yang menghantarkan getaran-getaran suara dari membrane tympani ke fenestra ovalis, berasal dari lengkung faring pertama (malleus dan incus) dan lengkung faring ke-2 (stapes).

image0021

Meatus acusticus externus berkembang dari celah faring pertama dan dipisahkan dari cavum tympani. Gendang telinga terdiri atas (a) selapis epitel ectoderm (b) selapis tengan mesenkim (c) selapis epitel endoderm yang berasal dari kantong faring pertama.

Daun telinga berkembang dari enam buah tonjol mesenkim yang terletak disepanjang lengkung faring pertama dan kedua. Cacat daun telinga sering berkaitan dengan malformasi bawaan lain.
image0031


Aksi

Information

3 responses

26 03 2009
Imam

beh, da siap ngokang senjata ne….dahsyat

1 04 2009
omen

astaga blog yang berguna

5 09 2009
nita

thanxs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: